Meteorit Winchcombe yang dicurigai membawa air ke Bumi.

Rabu, 23 November 2022 – 13:03 WIB

VIVA Techno – Sebuah meteorit kuno yang menabrak jalan masuk Inggris mungkin bisa memecahkan misteri dari mana air Bumi berasal. Batu luar angkasa berusia 4,6 miliar tahun ini mendarat di depan sebuah rumah keluarga di kota Winchcombe, Inggris, pada Februari 2021.

Ini mengandung air yang sangat mirip dengan komposisi kimiawi air yang ditemukan di Bumi, memberikan penjelasan yang mungkin tentang bagaimana planet kita diberkahi dengan zat yang memberi kehidupan.

Ketika planet-planet berbatu di tata surya muda pertama kali menyatu – berputar dari awan gas panas dan debu yang mengepul di dekat Matahari – mereka terlalu dekat dengan bintang kita untuk membentuk lautan.

Setelah melewati titik tertentu yang disebut garis es, tidak ada es yang dapat lolos dari penguapan, membuat Bumi muda menjadi tandus dan tidak ramah.

Para ilmuwan berpikir ini berubah setelah Bumi mendingin, ketika serangkaian asteroid es dari luar Tata Surya membawa air beku ke planet kita dan mencair.

Pantai Samudera, Kalimantan Barat

Foto: VIVA.co.id/Ngadri (Kalimantan Barat)

Mengutip dari situs Science Live, Rabu, 23 November 2022, analisis baru meteorit Winchcombe yang dipublikasikan pada 16 November di jurnal Science Advances telah mendukung teori tersebut.