Ilustrasi nenek dan cucu.

Kamis, 24 November 2022 – 15:04 WIB

VIVADigital – Orang tua (seperti kakek-nenek) yang merawat cucu mereka jauh lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami kesepian daripada mereka yang merawat pasangan, menurut sebuah penelitian.

Para ilmuwan dari King’s College London melihat temuan dari 28 studi di seluruh dunia tentang hubungan antara pemberian perawatan, sukarela dan kesepian di atas usia 50 tahun, dilansir People, Kamis, 24 November 2022.

Mereka menemukan bahwa dalam enam dari tujuh kasus, mengasuh anak – baik terkait atau tidak – dikaitkan dengan tingkat kesepian yang lebih rendah pada orang tua.

Ilustrasi anak dan orang tua.

Pekerjaan sukarela, seperti membantu di toko amal atau gereja, juga terbukti mengurangi perasaan terasing dalam banyak kasus.

Namun, mereka yang harus merawat pasangannya secara konsisten dikaitkan dengan tingkat kesepian yang lebih tinggi, seringkali karena kondisi kesehatan seperti demensia.

Penulis utama studi tersebut, Samia Akhter-Khan dari King’s College London, mengatakan: “Temuan kami menunjukkan bahwa merawat pasangan dengan kondisi kesehatan yang kompleks, terutama demensia atau Alzheimer, dikaitkan dengan tingkat kesepian yang lebih tinggi.” Sedangkan mengasuh anak atau menjadi relawan dapat membantu mengurangi rasa kesepian pada orang dewasa yang lebih tua,” jelasnya.