Ketua Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Wenseslaus Manggut.

Rabu, 23 November 2022 – 14:03 WIB

VIVA Techno – Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) ingin mengembalikan jurnalisme ke jalur yang jaya dan dimuliakan. Oleh karena itu AMSI membentuk sebuah lembaga untuk menyuburkan media dan bisnisnya.

“Badan itu penting? Jadi logika pertanyaan ini harus dicari. Harus dilihat ada yang diperbaiki,” kata Ketua AMSI Wenseslaus Manggut, Rabu, 23 November 2022.

Ekosistem bisnis digital kini menghadapi banyak keluhan, baik dari segi konten maupun iklan yang mengalihkan perhatian pembaca, membuat halaman tidak ramah bagi pengguna.

Ini dapat menyebabkan pembaca beralih ke platform lain yang lebih ramah dan bebas iklan. Ia juga mengatakan bahwa saat ini banyak terjadi pengabaian kode etik karena banyaknya media.

“Kami ingin diam atau melakukan sesuatu untuk menyehatkan ekosistem. Tidak mungkin mengembalikan jurnalisme ke jalurnya tanpa menyentuh ekosistem bisnis industri,” katanya.

AMSI akan menyelenggarakan IDC 2022 dan AMSI Awards 2022.

Dia melanjutkan, asosiasi tidak bisa mengeluh karena tugas mereka adalah mencari solusi agar kontennya sehat, bisnisnya sehat.